Tuesday, October 25, 2011

SEJARAH AWAL KOMPUTER - Z3 SAMPAI UNIVAC

Pembuatan komputer telah dirintis sekian lama. Mulai dari modul sederhana yang berukuran besar. Disini saya akan menceritakan Sejarah Awal Komputer - Z3 sampai UNIVAC. Komputer ini dikenal pada Perang Dunia Kedua, negara yang terlibat perang terus berusaha untuk mengembangkan komputer yang untuk mengeksploitasi potensi yang dimiliki komputer. Terjadilah peningkatan pendanaan dari negara untuk mempercepat pengembangan komputer serta kemajuan teknik komputer.Akhirnya pada tahun 1941, seorang insinyur jerman – Konrad Zuse berhasil membangun sebuah komputer Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan juga peluru kendali. Disinilah Dimulai Sejarah Awal Komputer.

Komputer Z3 dibuat dengan 2.200 pemancar, mempunyai frekuensi waktu sebesar ~5–10 Hz, dan panjang kata sebesar 22 bit. Perhitungan dengan Z3 dilakukan dalam aritmetika titik mengambang dengan biner (binary) penuh. Mesin ini diselesaikan pada 1941 (pada 12 Mei tahun tersebut, Z3 berhasil dipresentasikan kepada para ilmuwan di Berlin). Z3 yang asli dihancurkan pada tahun 1944 pada saat pengeboman Berlin oleh pihak Sekutu. Sebuah replika yang berfungsi penuh dibangun pada tahun 1960-an oleh perusahaan aslinya Zuse KG dan dipertunjukkan untuk umum yang permanen di Deutsches Museum. Pada 1998 Z3 terbukti Turing-complete (wikipedia-red).



Pihak sekutu juga juga membuat pengembangan kekuatan komputer.  Pihak Inggris pada tahun 1943 telah menyelesaikan komputer yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia yang diberi nama Colossus, untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan militer Jerman. Dan dampak dari pembuatan Colussus ini tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan industri komputer dikarenakan beberapa alasan yaitu:

·         Colossus bukan merupakan komputer general (serba guna), gunanya hanya untuk memecahkan kode rahasia saja.
·         Keberadaan komputer ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Selain itu, ada usaha lain yang dilakukan pihak AS pada waktu itu dan berhasil mencapai kemajuan lainnnya, yaitu seorang insinyur Harvard – Howard H.Aiken (1900-1973) yang bekerja dengan IBM berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500mil.  The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah).

Perkembangan komputer lain pada masa itu adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania . Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. 
Komputer tersebut dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I

Pertengahan Tahun 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania membangun konsep design komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data.
Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.

Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952. 
Komputer generasi Pertama dikarakteristik bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit diprogram dan kecepatannya terbatas. Selain itu penggunaan tube vakum (sehingga komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data. Sungguh suatu perjalanan panjang hingga teknologi komputer hingga seperti sekarang ini.

0 comments:

Post a Comment

Histats.com © 2005-2012 Privacy Policy - Terms Of Use - Powered By Histats

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites